Gaya Gesek dan Gravitasi

Tahukah anda, bahwa gravitasi adalah gaya tarik menarik antara dua benda yang memiliki massa. Contohnya adalah gaya gravitasi dari Bumi yang menarik segalanya yang ada di permukaan Bumi sampai batas ketinggian tertentu. Sementara gaya gesek adalah gaya yang berlawanan dengan gaya tarik atau dorong.

Manfaat dari gravitasi adalah supaya benda-benda yang ada di Bumi tidak melayang di angkasa dan berada di tempatnya masing-masing. Manfaat gaya gesek adalah salah satunya supaya semua benda yang ada di Bumi dapat berhenti. Gaya gesek juga membuat kita berdiri tegak dengan dua kaki kita juga!

Kekurangan dari gravitasi adalah benda-benda, termasuk mahkluk hidup tak dapat melayang di udara (kecuali burung yang dapat terbang) seperti di luar angkasa. Sementara kekurangan dari gaya gesek adalah jika benda terlalu banyak gesekan, benda itu akan menjadi panas.

Jika tidak ada gravitasi, segalanya yang ada di Bumi akan melayang ke udara. Manusia dan binatang tak dapat berjalan, melompat, berlari ataupun berdiri. Jika tidak ada gaya gesek, segala benda di Bumi tidak dapat berhenti atau diam. Semua benda yang dapat menghasilkan api seperti korek, batu atau kayu memanfaatkan gaya gesek.

Contoh masalah: jika truk mengalami rem blong, truk pun tidak dapat berhenti karena rem tidak bisa menghasilkan gaya gesek antara permukaan roda dan jalan, untuk mengurangi kecepatan truk. Masalah lain seseorang pergi ke luar angkasa dengan menggunakan roket. Di sana, orang tersebut tidak dapat berdiri, itu karena tak ada gravitasi yang ada di luar angkasa, itulah sebabnya astronot tidak dapat berdiri tegak.

Ada juga cara untuk menambah dan mengurangi gravitasi dan gaya gesek:

Cara untuk menambah gravitasi:

–      Menambah massa kepada benda tersebut

–      Membuat benda berbentuk seperti bola

Cara untuk mengurangi gravitasi:

–      Mengurangi massa benda tersebut

–      Membuat benda berbentuk tipis seperti kertas

Cara untuk menambah gaya gesek:

–      Membuat permukaan benda menjadi kasar

Cara untuk mengurangi gaya gesek:

–      Membuat permukaan benda tersebut menjadi licin

–      Memberi oli kepada mesin atau engsel pintu

Sekarang anda mengetahui masalah-masalah yang disebakan karena gaya gesek dan gaya gravitasi. Jika anda terkena masalah-masalah ini, lakukanlah cara-cara yang telah diberikan.

4 thoughts on “Gaya Gesek dan Gravitasi

  1. Ya lumayan, makin rajin baca pasti tambah banyak bahan unt tulisannya, jadi rajin2 baca ya nak :)) Perbanyak perbendaharaan katanya supaya lebih enak dibaca tulisannya, pemakaian katanya jadi tidak diulang-ulang. Ok lanjutin hobby nulisnya ya….SEMANGAT !!!😀

  2. Thank you for your blog post. Velupe and I are saving to get a new guide on this theme and your blog post has made us to save all of our money. Your ideas really answered all our concerns. In fact, above what we had acknowledged in advance of the time we ran into your superb blog. My spouse and i no longer nurture doubts and a troubled mind because you have truly attended to the needs right here. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s