Mulailah Gaya Hidup Sehat Sekarang Juga!

Pada zaman sekarang, banyak sekali orang-orang di seluruh dunia yang tidak melakukan gaya hidup sehat, contohnya: merokok, makan makanan berlemak tinggi terlalu banyak dan tidak berolahraga. Di dalam teks ini, anda akan mengetahui bagaimana cara menjaga tubuh tetap sehat.

Menurut buku “Sains Sahabatku”, dituliskan bahwa rokok mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Contohnya zat nikotin. Merokok menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, asma, bibir menghitam, gigi menguning, dan gangguan pada janin. Asap rokok dapat menggagu organ pernafasan si perokok ataupun orang-orang di sekitarnya.

Menurut ibu Denni, memakan makanan cepat saji terlalu banyak itu tidak baik bagi tubuh, karena makanan tersebut mengandung lemak tinggi dan mengandung sedikit serat. Jika kita memakan makanan ini terlalu banyak, kita bisa terkena penyakit seperti obesitas, kolesterol, dan darah tinggi. Untuk menghindari penyakit-penyakit ini, kita harus memakan makanan berserat dan sehat bagi tubuh. Terdapat 4 zat penting bagi tubuh: kabohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kabohidrat berguna untuk energi yang kita akan gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kita bisa menemukan kabohidrat pada: nasi, kentang, gandum dan pasta. Protein berguna untuk pertumbuhan tubuh. Protein dapat dibagi menjadi dua, yaitu: protein nabati dan protein hewani. Protein nabati adalah protein yang terdapat di makanan yang diambil dari tanaman, contohnya: kedelai, kacang tanah, dan kelapa. Sedangkan protein hewani adalah protein yang terdapat di dalam makanan yang diambil dari hewan, contohnya: daging, telur dan ikan. Vitamin dapat dibagi 6, vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin dapat larut di 2 tempat, air dan minyak. Vitamin yang dapat larut di dalam air adalah vitamin B dan C. Sedangkan vitamin yang dapat larut di dalam minyak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin A dapat ditemui pada: wortel, tomat, dan papaya. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B berguna untuk menjaga kulit tetap lembab. Vitamin B dapat diperoleh dari biji-bijian. Vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Dapat diperoleh dari: jeruk, lemon, stroberi, dan buah naga. Vitamin D berguna untuk pertumbuhan tubuh dan tulang. Vitamin D dapat diperoleh dari: susu, daging, minyak ikan, dan telur. Pro-vitamin D adalah vitamin D yang belum dapat digunakan bagi tubuh. Untuk mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D adalah berjemurlah di pagi hari dibawah sinar matahari. Karena pro-vitamin D akan dipecah oleh sinar matahari menjadi vitamin D. Vitamin E berguna untuk menjaga kelembabpan kulit. Vitamin E dapat diperoleh dari minyak ikan, beras merah, roti, dan mentega. Vitamin K digunakan untuk mempercepat pembekuan darah pada luka. Jika kita kekurangan vitamin K, maka darah kita akan sulit membeku. Vitamin K dapat diperoleh dari hati dan sayuran hijau. Mineral berguna untuk menjaga tulang dan gigi  dan mengatur pertumbuhan badan. Zat-zat yang berhubungan dengan mineral adalah: zat besi, kalsium, natrium, kalium, dan yodium. Mineral terdapat pada: susu, sayur-sayuran hijau, dan garam-garaman. Jika kita kekurangan mineral, kita dapat terkena penyakit seperti gondok. Air adalah minuman yang paling penting bagi tubuh kita. Jika kita kekurangan air, kita dapat terkena dehidrasi, darah menjadi kental, batu ginjal, kulit menjadi kering, urin yang dikeluarkan akan menjadi keruh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Enam puluh persen dari tubuh kita mengandung air.

Olahraga juga berguna untuk memperlancar proses metabolisme tubuh anda. Kita harus olahraga setiap hari. Olahraga bisa dilakukan dengan cara:

  •    Sepak bola
  •    Lari
  •    Badminton
  •    Bersepeda
  •    Berenang

Dengan melakukan kegiatan ini setiap hari, anda akan menjadi sehat dan merasa segar.

Konklusinya adalah kita harus memulai gaya hidup sehat mulai sejak dini. Sarannya adalah untuk memulai hidup sehat sejak dini supaya memciptakan sebuah kebiasaan yang baik. Berilah makanan sehat kepada anak anda dan seringlah berolahraga. Seperti kata para pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, mulailah hidup sehat sekarang juga!

 

 

2 thoughts on “Mulailah Gaya Hidup Sehat Sekarang Juga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s